Skip to main content

Mendikbud Tetap Ajukan Kebijakan Sekolah Lima Hari untuk Guru (Bukan Murid)

Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai Mendikbud Tetap Ajukan Kebijakan Sekolah Lima Hari untuk Guru (Bukan Murid). Berita ini kami kutip dari Antara News tanggal 17 Juli 2017. Inilah informasi selengkapnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi

Mendikbud Tetap Ajukan Kebijakan Sekolah Lima Hari untuk Guru (Bukan Murid)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan tetap mengajukan kebijakan sekolah lima hari dengan durasi delapan jam per hari, dengan alasan ditujukan untuk guru bukan murid.

"Kan mau ditingkatkan jadi Peraturan Presiden tidak hanya menteri (Peraturan Menteri), jadi nanti akan lengkap dan mengakomodasi saran-saran," katanya saat berkunjung ke SMP Pawyatan Daha Kediri, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengatakan, salah satu syarat pedidikan karakter bisa berjalan baik adalah keberadaan guru di sekolah secara mutlak. Salah satu yang menjadi masalah saat ini adalah beban kerja guru.

Ia menyebut, dengan adanya masalah itu menyebabkan sejumlah guru yang tidak memenuhi jam mata pelajaran atau yang jam pelajarannya terbatas misalnya PPKn, kesenian, agama, guru yang mengajar tidak mendapatkan tunjangan profesi.

"Guru yang terbatas jam pelajarannya tidak dapat tunjangan profesi kecuali mencari tambahan dari sekolah lain. Guru yang sudah cukup juga ikut-ikutan cari tambahan juga," katanya.

Tahun pelajaran 2017/2018 ini, guru sudah diwajibkan memenuhi ketentuan beban kerja 40 jam per pekan. Ketentuan ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah.

Mendikbud menegaskan, kebijakan sekolah lima hari itu dibuat ditujukan untuk guru. Beban kerja guru dialihkan seperti beban kerja pegawai negeri sipil, dimana PNS itu jam kerja efektifnya adalah 37,5 jam per pekan lima hari kerja. Dalam rapat terbatas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta untuk menyinkronkan hari libur sekolah dan pegawai, agar ada waktu keluarga mendidik anaknya dan tidak sepenuhnya diserahkan ke sekolah.

"Kami diminta sikronkan hari libur sekolah dan pegawai agar ada waktu keluarga didik anaknya tidak sepenuhnya serahkan ke sekolah. Keluarga juga memiliki peran untuk tanamkan karakter. Juga diharapkan libur untuk berwisata, bisa menikmati keindahan alam dalam rangka membangun rasa kebhinekaan," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Indonesia ini majemuk dan anak-anak bisa diajak jalan-jalan. Dengan dasar itulah adanya kebijakan membuat Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2017, perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Salah satunya membahas terkait dengan hari sekolah.

"Jadi saya tegaskan di sini, sebetulnya lima hari kerja, delapan jam itu adalah merujuk pada beban kerja guru, bukan pelajaran di sekolah. Dengan guru sama dengan bekerja PNS pada umunya, maka beban kerja itu tidak harus terpaku pada jam mengajar kelas" ujarnya.

Ia juga mengapresiasi pendidikan di Kota Kediri yang sudah berlangsung dengan baik. Ia tetap berharap, pemerintah juga menekankan pentingnya pendidikan karakter bangsa yang juga mengacu program Presiden Joko Widodo.

Dalam acara tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy didampingi oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Kegiatan itu juga dihadiri oleh kepala sekolah se-Kota Kediri, serta tamu undangan lainnya.

Mendikbud juga disambut para siswa dari SMP Pawyatan Daha Kediri tersebut. Selain disambut dengan atraksi drum band, juga mainan ular tangga raksasa. Isi dari permainan itu mengajak anak beraktivitas serta berpikir. Mendikbud juga sempat bermain dengan anak-anak.

Mendikbud juga sengaja datang ke Kediri. Selain menghadiri Pekan Budaya dan Pariwisata serta Festival Panji Nasional 2017 di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, juga berkunjung ke SMP Pawyatan Daha Kediri dan ke Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri.

Sumber: http://www.antaranews.com

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Tambahan Yang Diakui Dapodik 2017

Dapodik 2017 - Guru-guru bersertifikasi sekarang ini sudah sibuk mengecek jumlah jam mengajar di situs info gtk untuk memastikan jumlah jamnya cukup atau tidak, karena kalau tidak cukup maka SKTP tidak ada bisa terbit, dimana SKTP ini akan terbit jika jjm cukup 24 jam/minggu.

Proses penerbitan pun harus melalui proses validasi dari diknas setempat, dengan menyetorkan hasil print out info gtk, setelah lulu verifikasi dan validasi, baru SKTP bisa diterbitkan. Dan hal yang paling berpengaruh adalah jumlah jam mengajar, yaitu harus memenuhi 24jam/minggu atau lebih.

Pada postingan ini kami kembali sharing, tentang Tugas Tambahan yang diakui oleh Dapodik 2017, yang mungkin menjadi penyebab, tidak cukupnya jumlah jam mengajar anda disekolah, dalam hal ini, misal tugas tambahan kepala sekolah tidak valid, akhirnya jjm kurang. ATau kemungkinan operator memasukkan tugas tambahan yang tidak diakui lagi misalnya wali kelas, sehingga jam tidak cukup.

Beirikut ini daftar nama tugas tambahan tingkat…

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017

Kabar gembira bagi para honorer ataupun tenaga kontrak Selindo (Seluruh Indonesia), karena pada bulan agustus 2017 ini ada pendaftaran/penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan kementerian hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia (KemenKumham RI).

Dimana jenjang pendidikan yang diterima atau yang ada dalam formasi jabatan yang akan diterima sama seperti penerimaan cpns yang lalu-lalu yaitu dari Lulusan SMA, DIII, S1. DImana lulusan SMA atau sederajatlah yang paling banyak akan diterima yakni 14.000 orang (pria: 11.423 dan wanita: 2297) dengan jabatan nantinya adalah penjaga tahanan.

Nah mulai sekarang persiapkan bahan-bahan yang nantinya akan diupload saat pendaftaran karena pendafataran dilakukan secara online, dimana jadwal pendaftaran akan dimulai 1 agutus hingga 31 agustus. DOkumen yang perlu disiapkan adalah KTP, Ijzah beserta Transkrip nilai.


Untuk mengetahui pengumuman secara lengkap, silahkan unduh informasinya melalui link ini


Masih Ada 350Ribuan Guru Yang Datanya Bermasalah

Pada postingan kali ini kembali kami menginformasikan kepada para pengunjung terkhusus kepada guru ataupun operator sekolah bahwa sesuai informasi pada situs info gtk, sampai dengan hari ini masih banyak data guru yang belum valid, guru yang dimaksudkan disini adalah guru penerima tunjangan sertifikasi, data yang belum valid maksudnya jumlah jam mengajar belum mencukupi 24jam setiap minggunya.

Setelah kami mengecek situs info gtk pada awal maret lalu, dimana status masih evaluasi jam mengajar, ada sekitar 2jt guru yang bermasalah, kemungkinan, data yang dikirimkan melalui dapodik belum diproses oleh server info gtk sehingga belum muncul di situsnya. Dan pada hari ini, jumat 31 maret 2017, masih ada sekitaran 350ribuan guru yang datanya belum valid di seluruh Indonesia.


Data belum valid tersebut bisa saja tugas tumbahan yang belum diakui, atau memang jumlah jam mengajar yang tidak cukup. Seperti yang telah kami posting sebelumnya, terkait tugas tambahan yang diakui dan validasi tugas t…

Info GTK - Persiapan Penerbitan SKTP

Mengawali bulan April 2017, kembali angin segar bagi para pendidik bersertifikasi, karena SKTP akan segera diterbitkan bagi yang memenuhi syarat, artinya tidak lama lagi tunjangan sertifikasi akan cair, dan dana ditransfer ke rekening.

Sesuai informasi yang ditampilkan disitus info gtk, jika status sekarang adalah Persiapan SKTP per 1 april 2017, artinya persiapan SKTP disini adalah persiapan penerbitkan SK Tunjangan Profesi bagi guru yang telah memenuhi syarat, antara lain syarat yang paling utama adalah jumlah jam mengajar cukup 24jam/minggu.

Dan sesuai data yang dihimpun di situs info gtk, sampai dengan hari ini, masih ada 300ribu lebih guru yang datanya masih belum valid, dan diminta untuk diperbaiki oleh operator dapodik. Beruntung bagi anda (baca : Guru) yang datanya sudah valid artinya jumlah jam mengajar sudah cukup, hanya tinggal menunggu SKTP terbit, dan tunjangan dibayarkan kemudian.

Bagi guru yang datanya masih belum valid, segera hubungi operator sekolah untuk dilakukan p…

Aplikasi Dapodikdas Versi Terbaru 2017.B - Fitur Nilai Sudah Ada

Pada bulan april ini kembali aplikasi pendataan Dapodikdasmen melakukan rilis terbaru yaitu dapodikdas 2017.b , dimana tampilan tidak terlalu berubah, hanya ada penambahan menu, yaitu Menu Nilai, dalam hal ini Rapor dan US/USBN. Sehingga mulai semester ini nilai peserta didik sudah dikirim juga melalui dapodik.

Lantas bagimana cara menggunakan fitur nilai pada dapodik, bagaimana langkah awal agar aplikasi dapodik ada menu nilainya?

Berikut kami berikan cara lengkap mengupdate aplikasi dapodik ke versi 2017.b sehingga fitur nilai bisa berfungsi dengan baik.
1. Download pacth aplikasi dapodikdas versi 2017. b , ada dilaman resmi dapodikdas kemdikbud.
2. Setelah diunduh, silahkan klik 2x untuk memulai proses update aplikasi.
3. Setelah komplit, silahkan buka aplikasi dapodik, lihat sudah adamenu nilai di samping kiri.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenerate prefill nilai rapor, agar ada data awal pada nilai, sama seperti prefill dapodik secara umum. Berikut cara generate pref…