Skip to main content

Cut Off BOS Triwulan 2 Hingga 30 April 2017

BOS atau Bantuan Operasional Sekolah adalah bantuan yang didapatkan oleh Sekolah langsung dari pemerintah pusat dengan besaran anggaran sesuai jumlah siswa di tiap-tiap sekolah, dimana dihitung per siswa. Inilah yang menyebabkan kini pendidikan khusus tingkat pertama dan menengah sudah tidak ada pungutan lagi, seperti harus membeli buku, harus bayar uang semester, bayar uang pembangunan, karena sudah ada dana BOS yang menanggulangi dana tersebut.

Nah untuk sekarang ini, Dana BOS disalurkan berdasarkan data yang dikirimkan melalui dapodik, termasuk jumlah siswa dimana berpengaruh terhadap besarnya anggaran Dana BOS yang diterima oleh sekolah. Dimana cara penyalurannya secara triwulan selama setahun, artinya ada 4 triwulan (4x menerima dana bos dalam setahun).
Cut Off BOS Triwulan 2 Hingga 30 April 2017

Pada triwulan ke2 tahun 2017 ini, cut off dana BOS akan diambil atau ditunggu data yang paling update hingga tanggal 30 april 2017 mendatang, untuk itu diharapkan kepada semua operator, seperti himbauannya disitus resmi dapodikdas, agar melengkapi data-data di aplikasi dapodiknya, seperti jumlah siswa, dan rombelnya, serta memasukkan semua siswa ke dalam rombel, agar bisa terbaca jumlah siswa secara keseluruhan di server.

Ada kalanya, seorang operator tidak lagi memperhatikan, siswa-siswa yang mutasi, baik itu yang masuk ataupun yang keluar, atau juga, siswa yang berhenti, misalnya saja dalam semester genap ini, ada siswa yang mutasi masuk, supaya cepat-cepat di tarik online di situs dapodik, agar bisa masuk kedalam aplikasi dapodik di sekolah, hal ini bisa menambah-nambah anggaran dana BOS nantinya, walaupun hanya sedikit.

Begitupun siswa yang keluar, agar segera dimutasi, karena biasanya operator tidak terlalu memperhatikan hal seperti ini, karena operator hanya bekerja keras di awal semester saja, selebihnya hanya data PTK saja yang selalu diperbaharui. Jika ada siswa yang mutasi keluar, harap segera di mutasi, agar nantinya tidak terjadi pengembalian Dana BOS, karena terjadi kelebihan pembayaran. Karena yang repot nantinya adalah sekolah juga.

Selain data siswa yang perlu dihatikan, data-data lain harap dilengkapi juga, seperti data PTK diperbaharui, utamanya keaktifan PTK, riwayat KGB, riwayat kepangkatan, dan juga Sarpras perlu juga di mutahirkan keadaaanya. Pokoknya semua komponen dalam aplikasi dapodik perlu diupdate sesuai keadaan realtime.

Dan ingat sekali lagi, waktu untuk proses pemutahiran data untuk cut off (pengambilan data terakhir yang diambil dari aplikasi dapodik terakhir disinkronisasi ke server) sebagai dasar penyaluran Dana BOS triwulan 2 tahun 2017, adalah sampai tanggal 30 april 2017, untuk itu segera lakukan pemutahiran dana sebelum tanggal itu. Dari sekarang operator masih punya banyak waktu untuk itu, sekitar 30 hari ke depan.

NB: kalo sudah diupdate datanya, jangan lupa disinkronisasi ke server yah, jangan sampai hanya diupdate di komputer/laptop operator sekolah tidak sinkron, itu sama saja bohong, jadi sekali lagi, kalau ada perubahan data, jangan lupa langsung di sinkronisasi ke server, agar data di server juga terupdate. Salam satu data

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Tambahan Yang Diakui Dapodik 2017

Dapodik 2017 - Guru-guru bersertifikasi sekarang ini sudah sibuk mengecek jumlah jam mengajar di situs info gtk untuk memastikan jumlah jamnya cukup atau tidak, karena kalau tidak cukup maka SKTP tidak ada bisa terbit, dimana SKTP ini akan terbit jika jjm cukup 24 jam/minggu.

Proses penerbitan pun harus melalui proses validasi dari diknas setempat, dengan menyetorkan hasil print out info gtk, setelah lulu verifikasi dan validasi, baru SKTP bisa diterbitkan. Dan hal yang paling berpengaruh adalah jumlah jam mengajar, yaitu harus memenuhi 24jam/minggu atau lebih.

Pada postingan ini kami kembali sharing, tentang Tugas Tambahan yang diakui oleh Dapodik 2017, yang mungkin menjadi penyebab, tidak cukupnya jumlah jam mengajar anda disekolah, dalam hal ini, misal tugas tambahan kepala sekolah tidak valid, akhirnya jjm kurang. ATau kemungkinan operator memasukkan tugas tambahan yang tidak diakui lagi misalnya wali kelas, sehingga jam tidak cukup.

Beirikut ini daftar nama tugas tambahan tingkat…

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017

Kabar gembira bagi para honorer ataupun tenaga kontrak Selindo (Seluruh Indonesia), karena pada bulan agustus 2017 ini ada pendaftaran/penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan kementerian hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia (KemenKumham RI).

Dimana jenjang pendidikan yang diterima atau yang ada dalam formasi jabatan yang akan diterima sama seperti penerimaan cpns yang lalu-lalu yaitu dari Lulusan SMA, DIII, S1. DImana lulusan SMA atau sederajatlah yang paling banyak akan diterima yakni 14.000 orang (pria: 11.423 dan wanita: 2297) dengan jabatan nantinya adalah penjaga tahanan.

Nah mulai sekarang persiapkan bahan-bahan yang nantinya akan diupload saat pendaftaran karena pendafataran dilakukan secara online, dimana jadwal pendaftaran akan dimulai 1 agutus hingga 31 agustus. DOkumen yang perlu disiapkan adalah KTP, Ijzah beserta Transkrip nilai.


Untuk mengetahui pengumuman secara lengkap, silahkan unduh informasinya melalui link ini


Masih Ada 350Ribuan Guru Yang Datanya Bermasalah

Pada postingan kali ini kembali kami menginformasikan kepada para pengunjung terkhusus kepada guru ataupun operator sekolah bahwa sesuai informasi pada situs info gtk, sampai dengan hari ini masih banyak data guru yang belum valid, guru yang dimaksudkan disini adalah guru penerima tunjangan sertifikasi, data yang belum valid maksudnya jumlah jam mengajar belum mencukupi 24jam setiap minggunya.

Setelah kami mengecek situs info gtk pada awal maret lalu, dimana status masih evaluasi jam mengajar, ada sekitar 2jt guru yang bermasalah, kemungkinan, data yang dikirimkan melalui dapodik belum diproses oleh server info gtk sehingga belum muncul di situsnya. Dan pada hari ini, jumat 31 maret 2017, masih ada sekitaran 350ribuan guru yang datanya belum valid di seluruh Indonesia.


Data belum valid tersebut bisa saja tugas tumbahan yang belum diakui, atau memang jumlah jam mengajar yang tidak cukup. Seperti yang telah kami posting sebelumnya, terkait tugas tambahan yang diakui dan validasi tugas t…

Info GTK - Persiapan Penerbitan SKTP

Mengawali bulan April 2017, kembali angin segar bagi para pendidik bersertifikasi, karena SKTP akan segera diterbitkan bagi yang memenuhi syarat, artinya tidak lama lagi tunjangan sertifikasi akan cair, dan dana ditransfer ke rekening.

Sesuai informasi yang ditampilkan disitus info gtk, jika status sekarang adalah Persiapan SKTP per 1 april 2017, artinya persiapan SKTP disini adalah persiapan penerbitkan SK Tunjangan Profesi bagi guru yang telah memenuhi syarat, antara lain syarat yang paling utama adalah jumlah jam mengajar cukup 24jam/minggu.

Dan sesuai data yang dihimpun di situs info gtk, sampai dengan hari ini, masih ada 300ribu lebih guru yang datanya masih belum valid, dan diminta untuk diperbaiki oleh operator dapodik. Beruntung bagi anda (baca : Guru) yang datanya sudah valid artinya jumlah jam mengajar sudah cukup, hanya tinggal menunggu SKTP terbit, dan tunjangan dibayarkan kemudian.

Bagi guru yang datanya masih belum valid, segera hubungi operator sekolah untuk dilakukan p…

Aplikasi Dapodikdas Versi Terbaru 2017.B - Fitur Nilai Sudah Ada

Pada bulan april ini kembali aplikasi pendataan Dapodikdasmen melakukan rilis terbaru yaitu dapodikdas 2017.b , dimana tampilan tidak terlalu berubah, hanya ada penambahan menu, yaitu Menu Nilai, dalam hal ini Rapor dan US/USBN. Sehingga mulai semester ini nilai peserta didik sudah dikirim juga melalui dapodik.

Lantas bagimana cara menggunakan fitur nilai pada dapodik, bagaimana langkah awal agar aplikasi dapodik ada menu nilainya?

Berikut kami berikan cara lengkap mengupdate aplikasi dapodik ke versi 2017.b sehingga fitur nilai bisa berfungsi dengan baik.
1. Download pacth aplikasi dapodikdas versi 2017. b , ada dilaman resmi dapodikdas kemdikbud.
2. Setelah diunduh, silahkan klik 2x untuk memulai proses update aplikasi.
3. Setelah komplit, silahkan buka aplikasi dapodik, lihat sudah adamenu nilai di samping kiri.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenerate prefill nilai rapor, agar ada data awal pada nilai, sama seperti prefill dapodik secara umum. Berikut cara generate pref…