Skip to main content

Cara Input Nilai Rapor Di Dapodikdas Versi 2017.B

Dapodik rilis terbaru yaitu dapodikdas 2017.B sudah dilengkapi dengan menu Nilai (Rapor dan US/USBN), dimana menu ini diperuntukkan pada proses penginputan nilai siswa melalui dapodik, dan untuk sekarang ini, sesuai arahan dari server pusat agar menginput dulu nilai semesterganjil tahun pelajan 2016/2017 lalu. Dan pengirimannya pun jangan menunggu lengkap semua, jika ada nilai yang baru diinput langsung saja di sinkronisasi.

Pada postingan kali ini kami akan berbagi tata cara input nilai rapor ataupun US/USBN di dapodik, karena hal ini baru tentunya masih banyak yang bingung menggunakan fitur nilai ini. Sebelum ke tata cara input nilai pada dapodik, yang perlu operator sekolah dan guru-guru, bahwa proses penginputan nilai pada dapodik adalah tupoksi Guru Mata Pelajaran tiap-tiap rombongan belajar, dimana operator hanya mempersipakna saja, sampai ke tahap proses siap input dan mendampingi tentunya, saat efektif bila di sekolah tersedia beberapa komputer sehingga bisa dikerjakan secara bersama-sama antar guru mapel.

Berikut tata cara agar bisa ke tahap input nilai oleh masing-masing guru mapel:
1. Kami anggap anda sudah mengupdate dapodikdas ke versi 2017.b, jika belum silahkan baca postingan kami sebelumnya.
2. Login sebagai operator sekolah, langkah pertama adalah membuatkan akun untuk masing-masing guru, dengan catatan guru harus mempunyai email yang diisikan di data dasar ptk, seperti dibawah ini.

3. Selanjutnya proses pembuatan akun ptk yang nantinya akan digunakan untuk login di aplikasi dapodik.
a. klik salah satu ptk, kemudian klik penugasan
b. muncul jendela penugasan seperti dibawah ini.
c. klik buat/ubah akun ptk, muncul pop up windows seperti dibawah ini
d. yang anda lakukan, hanya membuatkan password untuk ptk, dan password ini akan digunakan login nantinya, saat ptk/guru akan input nilai-nya.

4. Setalah semua akun guru sudah dibuatkan, maka guru tersebut login menggunakan email dan password yang sudah dibuatkan tadi.

5. Kembali ke operator sekolah, setelah membuatkan akun ptk, maka sekarang membuat daftar mata pelajaran untuk setiap rombongan belajar di menu nilai, seperti gambar dibawah ini:
untuk urutan mapel, kami sesuaikan dengan urutan yang ada di buku rapor,yakni mulai dari PAI hingga Mulok (PAL).

6. Pembuatan mata evaluasi (pelajaran) ini, hanya dibuat 1x, rombel lainnya sisa di Salin, dengan mengklik Salin Template Mata EValuasi.

7. Setelah semua rombel sudah ada Mata Evaluasi semuanya, sekarang saatnya operator, mempersilahkan kepada semua guru mapel untuk login ke dapodik dan mulai menginput nilainya.

8. Berikut contohnya, kami login sebagai guru mapel TIK, ingat jika login sebagai operator sekolah anda tidak bisa menyimpan nilai, karena menu dinon-aktifkan, proses simpan nilai hanya bisa dilakukan oleh masing-masing guru mapel.

a. proses login ptk
b. tampilan beranda dapodik untuk ptk

c. proses input nilai, untuk input nilai, silahkan klik menu nilai, akan muncul drop down seperti pada gambar diatas, ada Rapor dan US/USBN, silahkan klik Rapor lebih dulu.

d. Setelah anda mengklik rapor akan tampil jendela seperti diatas, nah sesuai gambar, silahkan pilih Rombel di Filter ROmbel, contohnya kami pilih 9A, tempat mengajar TIK. maka tampil seperti dibawah ini.
e. seperti gambar diatas, akan muncul Mapel yang anda ajarkan, untuk memulai proses input nilai, silahkan klik 2x pada mapel anda, akan muncul di jendela sebelah kanan, nama-nama siswa beserta form nilai, kkm, praktik, kkm, predikat. seperti gambar dibawah ini.
Melalui form diatas, silahkan input satu per satu nilai siswa, lengkap dengan KKM dan predikatnya, setelah semua nilai siswa sudah dinput, tekan tombol Simpan yang ada dibagian atas.

f. Selanjutnya proses semua sama, anda tinggal pindah ke rombel yang lain lagi dimana anda mengajar, hingga semua selesai.

g. jika sudah selesai, harap melapor ke operator, agar dilakukan sinkronisasi ke server dapodik.

Itulah semua proses agar anda (baca: Guru Mapel) bisa menginput nilai pada aplikasi dapodikdas versi 2017.b


Comments

Popular posts from this blog

Tugas Tambahan Yang Diakui Dapodik 2017

Dapodik 2017 - Guru-guru bersertifikasi sekarang ini sudah sibuk mengecek jumlah jam mengajar di situs info gtk untuk memastikan jumlah jamnya cukup atau tidak, karena kalau tidak cukup maka SKTP tidak ada bisa terbit, dimana SKTP ini akan terbit jika jjm cukup 24 jam/minggu.

Proses penerbitan pun harus melalui proses validasi dari diknas setempat, dengan menyetorkan hasil print out info gtk, setelah lulu verifikasi dan validasi, baru SKTP bisa diterbitkan. Dan hal yang paling berpengaruh adalah jumlah jam mengajar, yaitu harus memenuhi 24jam/minggu atau lebih.

Pada postingan ini kami kembali sharing, tentang Tugas Tambahan yang diakui oleh Dapodik 2017, yang mungkin menjadi penyebab, tidak cukupnya jumlah jam mengajar anda disekolah, dalam hal ini, misal tugas tambahan kepala sekolah tidak valid, akhirnya jjm kurang. ATau kemungkinan operator memasukkan tugas tambahan yang tidak diakui lagi misalnya wali kelas, sehingga jam tidak cukup.

Beirikut ini daftar nama tugas tambahan tingkat…

Masih Ada 350Ribuan Guru Yang Datanya Bermasalah

Pada postingan kali ini kembali kami menginformasikan kepada para pengunjung terkhusus kepada guru ataupun operator sekolah bahwa sesuai informasi pada situs info gtk, sampai dengan hari ini masih banyak data guru yang belum valid, guru yang dimaksudkan disini adalah guru penerima tunjangan sertifikasi, data yang belum valid maksudnya jumlah jam mengajar belum mencukupi 24jam setiap minggunya.

Setelah kami mengecek situs info gtk pada awal maret lalu, dimana status masih evaluasi jam mengajar, ada sekitar 2jt guru yang bermasalah, kemungkinan, data yang dikirimkan melalui dapodik belum diproses oleh server info gtk sehingga belum muncul di situsnya. Dan pada hari ini, jumat 31 maret 2017, masih ada sekitaran 350ribuan guru yang datanya belum valid di seluruh Indonesia.


Data belum valid tersebut bisa saja tugas tumbahan yang belum diakui, atau memang jumlah jam mengajar yang tidak cukup. Seperti yang telah kami posting sebelumnya, terkait tugas tambahan yang diakui dan validasi tugas t…

Info GTK - Persiapan Penerbitan SKTP

Mengawali bulan April 2017, kembali angin segar bagi para pendidik bersertifikasi, karena SKTP akan segera diterbitkan bagi yang memenuhi syarat, artinya tidak lama lagi tunjangan sertifikasi akan cair, dan dana ditransfer ke rekening.

Sesuai informasi yang ditampilkan disitus info gtk, jika status sekarang adalah Persiapan SKTP per 1 april 2017, artinya persiapan SKTP disini adalah persiapan penerbitkan SK Tunjangan Profesi bagi guru yang telah memenuhi syarat, antara lain syarat yang paling utama adalah jumlah jam mengajar cukup 24jam/minggu.

Dan sesuai data yang dihimpun di situs info gtk, sampai dengan hari ini, masih ada 300ribu lebih guru yang datanya masih belum valid, dan diminta untuk diperbaiki oleh operator dapodik. Beruntung bagi anda (baca : Guru) yang datanya sudah valid artinya jumlah jam mengajar sudah cukup, hanya tinggal menunggu SKTP terbit, dan tunjangan dibayarkan kemudian.

Bagi guru yang datanya masih belum valid, segera hubungi operator sekolah untuk dilakukan p…

Jam Keterampilan Tidak Diakui Di K13

Sekarang ini pasti semua operator ataupun guru-guru bersertifikasi lagi sibuk-sibuknya mengecek jumlah jamnya di Info Guru ataupun memantau jumlah jamnya, sudah cukupkah atau terbacakah semua jumlah jam yang sudah dientri di aplikasi dapodik, terlebih lagi yang memiliki tugas tambahan, apakah tugas tambahanya sudah valid dan jam sudah diakui atau belum.

Seperti yang terjadi pada sekolah kami (baca:SMPN 1 Bontosikuyu), ketika saya selaku operator mengecek jumlah jam semua guru bersertifikasi di sekolah saya untuk pertama kalinya di info guru, ternyata masih ada 1 guru yang bermasalah jumlahnya dari total lebih 10 guru yang bersertifikasi termasuk guru yang mengambil jam di sekolah kami.

Guru bermasalah jumlah jamnya yang kami maksudkan adalah Guru Keterampilan, yang sedianya sekolah kami dalam proses uji coba k13 (kurikulum 2013) untuk tingkat 7 (kelas7), sehingga pengaturan jam di dapodik sudah pasti berbeda, karena kelas 7 menggunakan kurikulum 2013, dan kelas 8,9 masih KTSP.

Setelah…

Aplikasi Dapodikdas Versi Terbaru 2017.B - Fitur Nilai Sudah Ada

Pada bulan april ini kembali aplikasi pendataan Dapodikdasmen melakukan rilis terbaru yaitu dapodikdas 2017.b , dimana tampilan tidak terlalu berubah, hanya ada penambahan menu, yaitu Menu Nilai, dalam hal ini Rapor dan US/USBN. Sehingga mulai semester ini nilai peserta didik sudah dikirim juga melalui dapodik.

Lantas bagimana cara menggunakan fitur nilai pada dapodik, bagaimana langkah awal agar aplikasi dapodik ada menu nilainya?

Berikut kami berikan cara lengkap mengupdate aplikasi dapodik ke versi 2017.b sehingga fitur nilai bisa berfungsi dengan baik.
1. Download pacth aplikasi dapodikdas versi 2017. b , ada dilaman resmi dapodikdas kemdikbud.
2. Setelah diunduh, silahkan klik 2x untuk memulai proses update aplikasi.
3. Setelah komplit, silahkan buka aplikasi dapodik, lihat sudah adamenu nilai di samping kiri.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengenerate prefill nilai rapor, agar ada data awal pada nilai, sama seperti prefill dapodik secara umum. Berikut cara generate pref…